Air Terjun Tiu Pupus Kerurak, Lombok Utara

Air Terjun Tiu Pupus Lombok Utara, Salah satu tempat wisata Air Terjun yang berada di Kabupaten Lombok Utara selain Air Terjun Kerta Gangga adalah Air Terjun yang berlokasi di dusun kerurak desa genggelang kecamatan gangga Kabupaten Lombok Utara, Air Terjun yang tingginya melebihi 20 meter ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan nama Air Terjun Tiu Pupus, Tiu yang artinya genangan air dalam jumlah besar yang memiliki kedalaman sekitar 4 m dan memiliki luas sekitar +/- 10 m2 dan Pupus yang artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah batang pohon yang biasanya hidup di tebing - tebing sungai yang biasanya hidup di daerah-daerah pegunungan yang memiliki kelembaban cukup tinggi.

Air Terjun Tiu Pupus adalah sebuah obyek wisata alam yang kondisinya masih sangat alami, berada sekitar 3,5 Km dari jalan raya Lendang Bagian, Air Terjun Tiu Pupus menyajikan keindahan alam yang luar biasa dengan tebing-tebing curam yang sangat indah dan pepohonan yang masih sangat alami bisa dikatakan Air Terjun Tiu Pupus ini 75% kondisi alamnya masih alami.

Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus Lombok Utara | Source Caderabdul
Tidak seperti obyek wisata lainnya yang memerlukan biaya apabila kita ingin memasuki dan menikmati keindahannya, bisa dikatakan tidak ada pemungutan untuk biaya masuk dan biaya parkir di Air Terjun Tiu Pupus (pada waktu itu, sekarang mungkin bisa berubah) jadi anda tinggal masuk dan menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh Air Terjun Tiu Pupus. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin menyumbangkan beberapa rupiah saja demi kemajuan obyek wisata ini kedepannya.

Selain menikmati indahnya Air Terjun Tiu Pupus anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan Bendungan buatan yang lokasinya berada sekitar 60m sebelum Lokasi dari Air Terjun Tiu Pupus ini, Bendungan yang dibangun kira-kira pada tahun 2005 oleh pemerintah kabupaten Lombok Barat pada waktu itu bertujuan untuk mengairi ratusan hektar sawah masyarakat dusun sankukun dan dusun sembaro Kabupaten Lombok Utara.

Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus Dusun Kerurak Lombok Utara | Source Caderabdul
Dari Ibu Kota Mataram menuju ke arah utara Kabupaten Lombok Utara jarak tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Lokasi Air Terjun Tiu Pupus membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dengan kecepatan normal sekitar 60-70 km/jam.

Sedikit info tentang Air Terjun Tiu Pupus

  • Utamakan jangan membuang sampah sembarangan
  • Tidak ada pemungutan biaya masuk dan biaya parkir (Pada waktu itu, sekarang mungkin sudah berbayar).
  • Sebaikknya membawa bekal makanan dan minuman sebanyak-banyaknya karena di daerah wisata ini tidak ada tempat-tempat penjualan makanan dan minuman yang tersedia seperti tempat-tempat wisata yang lainnya.
  • Sebaikknya menggunakan alas kaki yang tidak mudah terpeleset karena medan yang di tempuh banyak terdapat lumpur dan bebatuan kecil.
Trip :
  • Mataram Lombok Barat > Pemenang Lombok Utara > Tanjung Lombok Utara > Lendang Bagian Lombok Utara > Karang Kendal Lombok Utara > Lokasi Wisata (Dusun Kerurak Lombok Utara)
Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
email : 7og4nk@gmail.com

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++