Musik Tradisional Gendang Beleq Suku Sasak Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau kecil yang terletak di provinsi nusa tenggara barat (NTB), Pulau kecil yang kerap dijuluki pulau seribu masjid ini memiliki setumpuk budaya yang menarik untuk di bahas lebih dalam, ada beberapa budaya yang sudah sangat terkenal bahkan sudah sangat mendunia dua diantaranya adalah Budaya Bau Nyale dan Maulid Adat Suku Sasak, Keanekaragaman budaya yang di miliki oleh Pulau Lombok menjadi salah satu senjata utama bagi pemerintah daerah untuk menarik minat wisatawan asing maupun lokal untuk berkunjung ke Pulau Lombok.

Pada kesempatan ini Lombok 7og4nk akan membahas mengenai “musik tradisional gendang beleq” dimana keberadaan dari “musik tradisional gendang beleq” ini sangat penting bagi masyarakat Pulau Lombok karena “musik tradisional gendang beleq” menjadi salah satu ciri khas dari Pulau Lombok. Gendang beleq yang berarti Gendang Besar adalah salah satu musik tradisional asli yang dimiliki masyarakat Pulau Lombok, gendang beleq merupakan musik tradisional campuran antara musik tradisional yang berada di Pulau Bali dengan musik tradisional yang berada di Pulau Lombok dimana alat musik ini terdiri dari gendang, kerinci, simbal, suling dan gong.

Gendang Beleq
Gendang Beleq Musik Tradisional Suku Sasak Pulau Lombok

Gendang beleq biasanya di pergunakan oleh sebagian besar masyarakat Pulau Lombok dalam sebuah acara-acara besar seperti nyongkolang dan khitanan. Namun pada saat ini sesuai dengan kemajuan dalam bidang pariwisata gendang beleq sering di pertunjukkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok dengan tujuan untuk menarik dan memberikan kesan lebih kepada para wisatawan.

Sedikit info tentang Gendang Beleq :
  • Merupakan salah satu musik tradisional asli yang di miliki oleh masyarakat lombok
  • Perpaduan antara musik tradisional Bali dan Lombok, yang membedakan musik tradisional  ini dengan musik tradisional bali ataupun jawa adalah pada gendangnya yang berukuran besar.
  • Apabila ingin menyaksikan pagelaran Gendang Beleq silahkan datang ke salah satu daerah pariwisata di pulau lombok seperti senggigi
Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
E-mail : 7og4nk@gmail.com