Taman Wisata Gunung Rinjani Lombok

Gunung rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia setelah gunung kerinci di Sumatra. Gunung rinjani memiliki ketinggian 3,726 meter sedangkan ketinggian dari gunung kerinci 3,805 meter di atas permukaan air laut. Gunung Rinjani terletak pada lintang 8º25" S dan 116º28" T dengan luas 41,330 hektar, gunung rinjani merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, keindahan-keindahan inilah yang membuat para pendaki ingin kembali lagi.

Gunung rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km, gunung ini juga memiliki danau yang di beri nama danau segara anak yang artinya anak lautan danau ini memiliki kedalaman sekitar 230 meter, di danau ini pada setiap tahunnya diadakan upacara adat oleh masyarakat setempat yang mayoritas beragama islam sedangkan untuk masyarakat yang beragama hindu biasanya mengadakan upacara dua kali dalam setahun.

Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani Dan Anak Gunung Rinjani | FG Angga Meo
 Secara administratif, gunung ini berada di tiga wilayah yakni Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur, Nama ‘Rinjani‘ berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti ‘Yang Agung‘. Menurut dongeng suku Sasak, gunung ini merupakan kediaman putri Anjani, putri dari dewa tertinggi Pulau Lombok.

Gunung Rinjani Lombok
Proses Menuju Gunung Rinjani | FG Angga Meo
Sejak tahun 1990 gunung rinjani dinyatakan sebagai taman nasional oleh Menteri Kehutanan. Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia mempunyai iklim tropis dengan rata-rata curah hujan sekitar 2.066 mm per tahun. Jalan terjal dan curam serta jalur yang berkelok menjadikan lokasi gunung rinjani cukup menantang bagi para pendaki dan juga para pecinta alam.

Gunung Rinjani Lombok
Memancing Di Danau Segara Anak Gunung Rinjani | FG Angga Meo
Untuk mencapai puncak gunung rinjani anda bisa melalui beberapa jalur di antaranya :
  1. Jalur Sembalun
    Dari kota Mataram menuju Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (5-6 jam kendaraan umum) dari Sembalun ke Puncak Rinjani (-/+ 7 jam jalan kaki)
  2. Jalur Senaru
    Dari kota Mataram menuju Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (4-5 jam kendaran umum), dari Senaru ke puncak Rinjani (-/+ 9-10 jam jalan kaki)
  3. Jalur Torean
    Dari kota Mataram menuju Desa Torean, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (4-5 Jam kendaraan umum), dari Torean ke puncak Rinjani (-/+ 8-9 jam jalan kaki)
Sedikit info tentang  Wisata Alam Gunung Rinjani :
  • Utamakan jangan membuang sampah sembarangan
  • Disarankan untuk membawa obat-obatan secukupnya
  • Bawalah jacket dan perlengkapan mendaki seperlunya 
  • Disarankan juga untuk membawa bahan makanan dan minuman seperlunya
  • Jangan lupa membawa camera untuk mengabadikan kenangan anda di Gunung Rinjani
Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di : 
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
email : 7og4nk@gmail.com

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++