Sembalun Kabupaten Lombok Timur

Sembalun adalah sebuah kecamatan yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Sembalun terkenal dengan wilayahnya yang dingin dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok memang tidak hanya kaya akan pariwisata pantainya (Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Gili Trawangan, Pantai Mawun dll) yang indah, Pulau Lombok juga memiliki beberapa tempat wisata pegunungan yang masih sangat alami seperti Pusuk Pass Lombok Utara dan termasuk di Kecamatan Sembalun Lombok Timur yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Sembalun Lombok Timur NTB
Desa Sembalun Lombok Timur (Check Kode Post)
Kecamatan Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Secara geografis Kecamatan Sembalun di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan berbatasan dengan Aikmel dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat sedangkan di sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pringgabaya.

Desa Sembalun Lombok Timur
Persawahan Desa Sembalun, Lombok Timur | Source Erwin Tanaya
Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang, yang berjarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Lombok Timur (Selong). Desa Sembalun Bumbung memiliki wilayah terluas yaitu 57,97 Km2 atau sekitar 26,70 % dari keseluruhan luas wilayah Kecamatan Sembalun, dan yang tekecil adalah Desa Sembalun Timba Gading dengan luas 15,76 Km2.

Sembalun Lombok
Narsis Di Persawahan Desa Sembalun Lombok Timur
Desa-desa yang berada di Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter diatas permukaan laut. Jarak tempuh tiap desa ke ibukota kecamatan relatif dekat, jarak yang paling jauh yaitu dari Desa Sajang dan Desa Bilok Petung yang mencapai 6 km dan 15 km. Sedangkan jarak terdekat ke ibu kota kecamatan adalah Desa Sembalun yaitu 0.025 km (25 m), karena kantor kecamatan ada di dasa tersebut.

Jumlah penduduk Kecamatan Sembalun keadaan pertengahan tahun 2012 mencapai 19.051 jiwa. Jumlah penduduk perempuan lebih banyak yaitu 9.861 jiwa, sedangkan penduduk laki-laki sebanyak 9.190 jiwa.

Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
email : 7og4nk@gmail.com

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++