Taman Mayura Mataram Bukti Sejarah Perkasanya Kerajaan Bali di Pulau Lombok

Taman Mayura adalah salah satu bukti sejarah yang membuktikan betapa perkasanya Kerjaan Bali di Pulau Lombok pada masa lalu, Taman Mayura atau Pura Mayura diambil dari bahasa sansekerta yang artinya "Burung Merak", berdasarkan cerita dari warga setempat konon di Pura Mayura terdapat banyak ular yang berkeliaran sehingga mengakibatkan banyak dari masyarakat resah ketika akan sembahyang di Pura Mayura tersebut, kemudian ada beberapa penasehat menyarankan untuk memelihara burung merak di kawasan pura, berkat dari keberadaan burung merak tersebut ular-ular yang dahulunya meresahkan warga semakin hari keberadaannya semakin sedikit sehingga warga yang dahulunya takut untuk sembahyang menjadi lebih berani karena ular-ular yang mengganggu sudah tidak nampak lagi keberadaannya.

Taman Mayura atau Pura Mayura dibangun oleh Raja A.A. Made Karangasem pada tahun 1744, dahulunya taman ini diberi nama Taman Kelepug, nama tersebut diambil dari suara aliran air yang jatuh ke dalam kolam, kemudian nama Kelepung tersebut diganti oleh Raja A.A. Ngurah Karangasem sekitar tahun 1866 menjadi Pura Mayura, sejak saat itu, nama “Pura Mayura” mulai dipakai dan dikenal oleh masyarakat Hindu.
Berdasarkan informasi dari penjaga pura atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pemangku, roh dari Pura Mayura ini terletak di komplek pura yang berada di hulu kolam, namun tempat tersebut biasanya luput dari perhatian para pengunjung, karena perhatian para pengunjung biasanya tertuju pada luasnya area taman.

Indahnya Mayura Mataram
Taman Mayura Mataram | Source Made Adi

Bagaimana cara mencapai lokasi dari Taman Mayura Mataram ?


Lokasi Taman Mayura, Taman ini berada di Kabupaten Lombok Barat tepatnya terletak di dekat komplek bisnis dan pertokoan di daerah Cakranegara Kota Mataram, bagaimana cara menuju Taman Mayura ? dari pusat Kota Mataram ambillah arah ke timur Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti taksi atau bemo yang biasanya berwarna kuning, waktu tempuh dari pusat kota menuju taman ini kurang lebih 15 menit.

Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
E-mail : 7og4nk@gmail.com

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++