Air Terjun Karumbu Kabupaten Bima

Setelah beberapa waktu yang lalau saya berkesempatan mengulas tentang air terjun yang terdapat di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Pada kesempatan kali ini saya kembali memberikan informasi mengenai wisata alam air terjun namun bukan di Pulau Lombok melainkan di pulau seberang yang masih satu provinsi yaitu Air Terjun Karumbu yang berlokasi di Kabupaten Bima. Air Terjun Karumbu adalah air terjun dengan ketinggian di antara lima belas meter dengan kondisi alam masih terjaga dan alami, air terjun yang berlokasi jauh ditengah hutan ini memiliki pesona yang patut untuk anda kunjungi, kebanyakan wisata air terjun yang terdapat di kabupaten yang berjuluk Dou Mbojo ini berlokasi jauh di dalam hutan dengan kondisi alam yang masih alami dan jauh dari campur tangan-tangan nakal masyarakat bahkan dari pemerintah daerah setempat.

Karena belum dikelola secara serius oleh pemda Kabupaten Bima jalan menuju lokasi wisata inipun terbilang sangat penuh dengan tantangan, jalan yang berlubang, berlumpur, bebatuan tajam sepanjang aliran sungai hingga menuruni tebing dengan kemiringan hampir delapan puluh derajat adalah beberapa tantangan yang akan anda lalui untuk mencapai lokasi wisata ini, dengan adanya beberapa tantangan tersebut menjadikan lokasi wisata ini sebagai lokasi wisata yang khusus di peruntukkan kepada wisatawan-wisatawan dengan jiwa petualang tinggi yang terbiasa dan sudah berpengalaman dengan tantangan-tantangan.

Karumbu Kabupaten Bima
Air Terjun Karumbu Kabupaten Bima

Dengan lokasi yang jauh didalam hutan tidak serta merta menyurutkan minat para wisatawan untuk berkunjung langsung ketempat ini, banyak dari wisatawan memberikan pujian ketika mereka sudah sampai di air terjun ini "Ini gila berkunjung ketempat ini adalah keharusan bagi para petualang sejati, jalan yang sulit bukan berarti membuat daya tarik kami luntur, letih memang pasti tapi setelah melihat secara langsung air terjun yang kami perjuangkan ini membuat kami mengerti kenapa tantangan pada saat menuju wisata ini harus di taklukan" adalah sepenggal kalimat dari bibir salah seorang wisatawan yang sedang berkunjung dan menikmati keindahan dari Air Terjun Karumbu.

Air Terjun Karumbu berlokasi tepat beberapa kilo meter setelah Air Terjun Bombo Ncera persisnya air terjun ini berada di wilayah Desa Kalodu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Selama perjalanan menuju Desa Kalodu dari Desa Ncera atau jalan lintas Karumbu anda akan disuguhkan dengan pemandangan birunya air laut yang terlihat dari ketinggian, setelah sampai di Desa Kalodu anda harus meneruskan perjalan dengan berjalan kaki selama kurang lebih empat puluh lima menit, kendaraan roda dua ataupun roda empat yang anda gunakan harus anda titipkan di rumah-rumah penduduk setempat karena jalan yang mampu dilalui oleh kendaraan hanya sampai di Desa Kalodu.

Sumber : Wisata Bima

Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
E-mail : 7og4nk@gmail.com

8 komentar

harus hati2 juga ya kang, akan rute menuju air tejun ini, apalagi blum di oleh pihak pemdanya . tapi tempatnya sangat indah dan sejuk kayanya hehe

Balas

Iya kang harus berhati-hati karena medan yang dilalui sangatlah sulit. disini sama sekali tidak ada sentuhan pemerintah jadi jalannya pun hanya setapak dan berbatu, tapi ketika sampai di lokasi jalan yang tadi berat seperti tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan keindahan yang kita dapatkan

Balas

sekali melihat videonya memang mantab dan patut dijadikan referensi air terjun kerumbu di kab. bima ga....bisa juga di rekomendasikan ke traveloka kayaknya bro....minimal buar referensi kawan-kawan backpacker indonesia....pernah juga kelombok tapi hanya ke senggigi pada 2008 silam pas ada acara temu sastra nasional....memang lombok ternyata lebih bagus pantainya dari bali...itu menurut saya gan....yang jelas lebih bersih dan asri...ok makasih infonya....salam sahabat blogger.

Balas

Coba nanti saya rekomendasikan ke traveloka terimakasih atas infonya

Balas

Belom pernah kesana :D
nick info :D

Balas

Asik air terjunnya, masih benar2 alami dan belum tercemar yah, mas. meski untuk mengunjunginya perlu perjuangan, tapi rasanya terbayar kalau sudah di lokasi.

Balas

Air terjun si memang menarik, tapi jika terlalu berbahaya mungkin jadi kurang menarik juga gan. tapi untuk yang satu ini Air Terjun karumbu Bima kelihatannya asik dan menantang

Balas

Terima kasih sudah membantu mempublikasikan salah satu tempat rekreasi Daerah kami khususnya Desa Karumbu - Kalodu Kecamatan Langgudu, sebelumx mohon maaf bukan menggurui mohon diperbaiki untuk penulisan nama desa kalodo menjadi Desa Kalodu. Sekali lagi terimakasih..

Balas

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++