Wisata Alam Kalate Ndira Bima Nusa Tenggara Barat

Berbicara tentang wisata alam yang terdapat di tanah Bima Pulau Sumbawa berarti berbicara tentang pariwisata yang masih perawan serta keberadaannya masih tersembunyi sehingga jauh dari jamahan kotor tangan manusia yang bisa merusak dan menimbulkan efek negatif terhadap alam, salah satu tempat wisata perawan yang sangat layak untuk anda jadikan tujuan wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bima adalah Kalate Ndira, seperti pada umumnya wisata alam yang masih tergolong perawan memiliki medan jalan yang sangat berat, untuk mencapai lokasi wisata ini anda harus menempuh perjalanan panjang yang menantang dengan kondisi jalan banyak berlubang karena memang belum dibuat bagus oleh pemda setempat seperti tempat wisata lain yang terdapat di tanah Dou Mbojo Bima.

Kalate Ndira Bima adalah sebuah wisata sungai sekaligus air terjun dengan ketinggian diantara sepuluh meter, tepat dibawah air terjun tersebut terdapat sebuah kolam alami dengan kondisi air yang lumayan jernih, daya tarik dari tempat wisata ini adalah kolam alaminya yang bisa dijadikan tempat untuk berrenang dan kondisi alam disekitanya yang begitu alami. Pohon-pohon beraneka ragam, bebatuan sungai yang kokoh serta merdunya suara aliran air hingga kicauan burung adalah keindahan yang akan anda temukan dikala anda berkunjung ke tempat wisata ini.

Salah satu obyek wisata yang terdapat di Kalete Ndira
Kolam Alami Yang Terdapat Di Kalate Ndira Bima | Source http://wisata-bima.blogspot.com/

Kalate Ndira Bima berlokasi di daerah terpencil sehingga banyak masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Bima sendiri tidak mengetahui tentang keberadaan dari tempat wisata ini dimana tempat wisata ini sangat layak untuk dikunjungi apalagi bagi anda yang gemar dengan petualangan alam liar yang menantang.

Berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar Kalate berarti batu besar sedangkan Ndira berarti rata jika digabungkan Kalate Ndira memiliki makna batu besar yang berbentuk rata, di tempat ini memang banyak terdapat batu-batu besar yang berada disepanjang aliran sungai, dibeberapa kolam alami yang terdapat di tempat ini juga dikelilingi oleh bebatuan besar yang seakan tersusun rapi sebagai dinding dari kolam alami tersebut.

Kalate Ndira berlokasi di Kabupaten Bima Pulau Sumbawa tepatnya berada di Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk mencapai lokasi wisata ini sebaiknya anda menggunakan kendaraan roda dua dengan kondisi masih layak pakai karena jalan yang akan anda tempuh terdapat banyak lubang sehingga akan sedikit menghambat perjalanan jika anda menggunakan kendaraan roda empat. Dari Kota Bima menuju Desa Sie anda akan menghabiskan waktu kurang lebih satu jam perjalanan, setelah anda sampai di Desa Sie anda harus melanjutkan perjalanan lagi ke Dusun Diha, dalam perjalanan menuju Dusun Diha anda akan disuguhkan dengan keindahan persawahan milik penduduk sekitar, setelah anda sampai di Dusun Diha sebaiknya anda menitipkan kendaraan anda di salah satu rumah penduduk karena untuk perjalanan selanjutnya anda harus berjalan kaki, pada saat berjalan kaki inilah tenaga dan kebugaran fisik harus benar-benar 100% dalam kondisi baik karena anda akan melalui jalur yang sangat menantang.

Setelah beberapa menit berjalan kaki anda akan sampai di tujuan wisata Kalate Ndira Bima, gemuruh aliran sungai beserta alam Kalate Ndira akan menyambut kedatangan anda, perjalanan yang sedikit menguras tenaga yang anda lalui sebelumnya akan terbayar lunas oleh pemandangan yang akan anda dapatkan di Kalate Ndira ini, kesan pertama yang akan anda dapatkan adalah "Tersembunyi, Alami dan pastinya Perawan".

Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
E-mail : 7og4nk@gmail.com

6 komentar

widihhhh, selain pemandangan yang indah, banyak kicauan burungnya juga ya kang, mntab bener tempat wisatanya :)

Balas

Enaknya menyatu dengan alam....sayang jauh dari tempat saya..."Kalimantan Barat"

lihat fotonya aja udah kebayang enaknya berada di alam terbuka....kicauan burung, rindangnya alam pepohonan....jadi pengen liburan

Balas

keren gan. lihat aernya yang jernih, menggugah selera untuk nyebur. :) rasanya gak akan sia-sia walaupun jalan yang ditempuh cukup berat.

Balas

jernih sekali air sungai nya, masih sangat asri ya ,, jadi pengen deh berkunjung kesana

Balas

wah keren banget gan,,sayang jauh dari tempat saya...
kok deket langsung meluncur deh :D

Balas

pasti sangat menyenangkan, airnya jernih dan masih alami banget...
bisa di agendakan nih...

Balas

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++