Wisata Alam Bombo Ncera Kabupaten Bima NTB

Bombo Ncera Bima adalah salah satu obyek wisata alam berupa air terjun yang sangat unik dan menarik yang terdapat di tanah mbojo Bima, di tempat wisata ini terdapat beberapa air terjun yang ketinggiannya mencapai sekitar tujuh sampai dengan sembilan meter lebih, warna airnya sedikit hijau, sejuk dan menenangkan, ditempat ini juga terdapat kolam alami sama seperti air terjun tiu ras yang ada di Dusun Penjor, Kabupaten Lombok Utara, kolam alami dengan dinding batu alam disekeliling tebing membuat suasana berlibur ditempat ini menjadi sangat spesial karena disekitar wisata Bombo Ncera terbentang alam dengan keindahan yang menawan, kolam-kolam alami alami tersebut terbagi dalam beberapa kategori disesuaikan dengan tingkatan umur dan keahlian renang dari pengunjungnya, beberapa kategori dari kolam tersebut adalah :

  1. Kolam alami Bombo To’i (Bombo Kecil), yaitu tempat mandi yang diperuntukkan bagi anak-anak yang belum bisa berenang.
  2. Kolam alami Bombo Woha (Bombo Tengah) yaitu tempat mandi yang tingkatannya lebih tinggi dari Bombo To'i biasanya Bombo Woha diperuntukkan bagi muda mudi yang belum mahir berenang atau masih dalam tahap belajar, kedalam dari kolam Bombo Woha hanya sebahu orang dewasa atau 1 Meter sehingga Bombo Woha sangat cocok dijadikan tempat untuk belajar renang.
  3. Kolam Alami Bombo Na’e (Bombo Besar) adalah kolam alami berdinding batu yang ukurannya paling besar dibandingkan dengan yang lainnya, kolam ini memiliki lebar sekitar 4 meter dan panjang sekitar 10 meter, Bombo Na’e pada dasarnya di khususkan untuk orang dewasa yang sudah mahir berenang.
Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat bahwa sekitar tahun delapan puluhan Bombo Na'e merupakan kolam favorit bagi sekelompok anak muda karena kolam tersebut dijadikan sebagai panggung unjuk kebolehan yang diantaranya adalah adu terjun dan adu pantun bima, namun seiring berjalannya waktu beberapa hal tersebut seakan sirna dan ditinggalkan begitu saja oleh generasi penerus masyarakat sekitar desa Ncera, Bima.

Bombo Ncera
Bombo Ncera, Kabupaten Bima NTB

Lokasi Wisata Alam Air Terjun Bombo Ncera Bima


Bombo Ncera berlokasi di Kabupaten Bima tepatnya di Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat, lokasinya sekitar 45 kilo meter dari Kota Bima, untuk mencapai obyek wisata Bombo Ncera anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum baik itu roda dua maupun roda empat.

Untuk pemasangan iklan ataupun info lebih lanjut silahkan hubungi saya di :
hand phone : (Telkomsel) 082-342-114-129
E-mail : 7og4nk@gmail.com

2 komentar

widih, keren mas, airnya bisa hijau gitu ya.

Balas

Iya gan air nya bikin kepengen nyebur, wisata pulau sumbawa memang keren-keren coba deh mas kalau mas ke sumbawa mampir ketempat ini.

Balas

+++++TATA TERTIB BER-KOMENTAR++++
(1) Mohon Ber-Komentar Dengan Sopan
(2) Mohon Untuk Tidak Menyebar Fitnah Ataupun Sara
(3) Mohon Untuk Sertakan Sumber Artikel Jika Anda COPAS
(4) Berkomentarlah Dengan Bijak dan Sesuai Dengan Pembahasan

+++++MOHON MAAF JIKA TIDAK BISA REPLAY+++++