Lokoq Puteq Lombok Utara

Lokoq Puteq adalah sungai yang mengalir dari Danau Segara Anak menuju Bayan, Lokoq Puteq terletak di bagian timur Kabupaten Lombok Utara yang banyak dilalui wisatawan baik dalam maupun luar negeri pada musim liburan sekolah atau hari hari besar nasional yang hendak menuju Danau Segara Anak.

Jarak Lokoq Puteq dengan kota kabupaten sekitar tujuh puluh kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu satu hari perjalanan kaki, sedangkan jarak dengan kota Provinsi sekitar seratus kilometer.

Lokoq Putek masih tampak asri karena hutannya telah dilindungi pemerintah dan dijadikan taman nasional. Lokok Puteq dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi wisatawan yang menuju Danau Segara Anak. Sepanjang Lokoq Puteq banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon besar, semak-semak dan tanaman obat-obatan. Di samping itu, Lokoq Puteq juga banyak menyimpan misteri alam yang membuat orang terheran-heran menjumpai keanehan tersebut.

Menurut keyakinan dan penuturan tokoh-tokoh masyarakat yang di anggap banyak mengetahui tentang peristiwa dan keanehan yang terjadi di beberapa tempat, bahwa Lokoq Puteq merupakan Lokoq yang pertama kali dijadikan sebagai tempat mandinya lima orang puteri yang berasal dari Kerajaan Majapahit, kerajaan Madura dan kerajaan lainnya yang disembunyikan oleh raksasa. Kelima orang putri tersebut berhasil diselamatkan oleh Raden Doyan Mangan setelah berhasil membunuh raksasa. Kelima putri tersebut dijadikan istri oleh Raden Doyan Mangan bersama empat pepatihnya. Karena lamanya putri tersebut disekap oleh raksasa didalam gua sehingga kelihatan kotor, jelek dan bau maka Raden Doyan Mangan menyuruh putri tersebut mandi di Lokoq.

Selesai mandi kelima orang putri tersebut kelihatan cantik, putih, bersih dan berseri-seri. Kemudian oleh Raden Mangan menyebut putri tersebut "Puteq-puteq". Raden Doyan Mangan beserta pepatihnya ikut mandi disana dan kelihatan putih-putih serta tampan sehingga Raden Doyan Mangan menyebutnya Lokoq Puteq (Lokoq tempat dia mandi sehingga kelihatan putih bersih). Ada mitos yang mengatakan bahwa barang siapa yang pernah mandi di Lokoq Puteq maka akan keluar cahayanya berseri-seri (Aura) dan menjadi awet muda, apabila belum mendapat jodoh maka dengan mandi di Lokoq Puteq akan segera mendapat jodoh.

Sumber : Mengenal Tempat Wisata Di Lombok, Oleh Raden Panji Anom